Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

INI DALILNYA

Keempat mazhab umat Islam memiliki dalilnya. Amalan umat Islam mayoritas di Indonesia di bawah bimbingan para ulamanya memiliki dalilnya dan sesuai dengan pemahaman Ahlus sunnah wal jama'ah sebagai mayoritas umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Selasa, 20 Agustus 2013

DALIL RUKUN ISLAM

Rukun Islam sebagaimana dikenal terdiri dari :
  1. Syahadat
  2. Menegakkan shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Puasa ramadhan
  5. Ibadah hajji ke baitullah
Kelima rukun Islam tersebut di antaranya didasarkan kepada hadits riwayat imam Muslim :

Sahabat 'Umar bin Khottob r.a. meriwayatkan bahwa suatu hari para sohabat sedang duduk bersama-sama Rosululloh s.a.w. mendadak muncullah seorang lelaki yang amat putih bajunya dan amat hitam rambutnya. Lelaki itu tidak diketahui dari mana asal. Tidak ada pula di antara para sohabat yang ada saat itu yang mengenal siapa dia. Lelaki itu duduk dan menempelkan lututnya ke lutut Rosululloh s.a.w.

Lelaki itu bertanya, "Wahai Muhammad, sampaikanlah kepadaku tentang ISLAM ?"

Rosululloh s.a.w. menjawab, "Islam adalah engkau bersyahadat bahwa sungguh tiada Tuhan selain Allah dan sungguh Muhammad adalah utusan Allah, engkau menegakkan solat, engkau membayar zakat, engkau berpuasa di bulan romadon dan engkau melaksanakan hajji ke baitulloh bila engkau mampu melakukan perjalanan ke sana.

Lelaki itu berkomentar, "Engkau benar"


.....................................................................

Tidak ada komentar: